Simulator Meriam 57MM

Sebagai alutsista, populasi Meriam S60 di lingkungan TNI-AD cukup banyak. Sudah barang tentu, untuk mengoperasikan meriam tersebut, perlu dukungan personil yang mampu mengoperasikannya dengan baik. Untuk membentuk personil agar berkemampuan baik dalam mengoperasikan sebuah alutsista perlu dilaksanakan latihan sesering mungkin. Tetapi, latihan menggunakan alutsista yang sebenarnya seringkali memerlukan dana operasional yang cukup besar. Oleh karena itu diperlukan suatu wahana latihan yang efektif dan efisien.

Manfaat dari Simulator meriam 57mm adalah :

  1. Berangkat dari keinginan untuk memberikan sebuah wahana latihan alutsista yang efektif, efisien dan dibutuhkan oleh satuan-satuan Arhanud di tanah air, maka diajukan sebuah kegiatan rancang bangun prototipe simulator Sistem Artileri Pertahanan Udara S60 sebagai wahana latihan, menjaga serta meningkatkan kemampuan dan kesemaptaan prajurit.

Kemampuan dari Simulator meriam 57mm adalah :

  1. Mensimulasikan perilaku alutsista pada saat dioperasikan (gerak laras, gerak badan alutsista, radar, optronics dsb).
  2. Mensimulasikan skenario medan latihan, sasaran (bergerak dan diam), perilaku alutsista dan tembakan (beserta hasil tembakannya). Simulasi medan latihan, memberikan gambaran kondisi medan latihan yang sesuai (mendekati) dengan kondisi riil di lapangan. Simulasi sasaran mensimulasikan objek sasaran baik yang sedang bergerak maupun diam dengan bentuk sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  3. Mensimulasikan perilaku personil yang terkait dengan operasi sistem Artileri Pertahanan Udara S57MM.
  4. Mensimulasikan berbagai aksi dan reaksi terkait dengan operasi sistem Artileri Pertahanan Udara S57MM.

Desember 2016
Copyright © PT Elektroteknika Utama ITB